Pengaruh Edukasi Media Buku Saku K3rs Terhadap Kesiapan Mahasiswa Keperawatan Anestesiologi Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta Sebelum Praktik Klinik
Main Article Content
Abstract
Kesiapan mahasiswa sebelum praktik klinik merupakan faktor penting dalam menjamin keselamatan pasien dan mutu pelayanan. Mahasiswa D4 Keperawatan Anestesiologi perlu memiliki pengetahuan, keterampilan, serta sikap yang sesuai standar rumah sakit, termasuk dalam aspek K3RS (Keselamatan dan Kesehatan Kerja Rumah Sakit). Edukasi melalui media buku saku menjadi salah satu metode efektif untuk meningkatkan kesiapan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh edukasi buku saku K3RS terhadap kesiapan mahasiswa sebelum praktik klinik. Penelitian ini menggunakan desain pre-eksperimental dengan pendekatan one group pretest-posttest. Sampel penelitian berjumlah 30 mahasiswa D4 Keperawatan Anestesiologi Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta yang diambil dengan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner kesiapan mahasiswa. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan skor kesiapan setelah diberikan edukasi buku saku K3RS. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan nilai signifikansi (p-value) sebesar 0,001 (p < 0,05), yang berarti ada pengaruh edukasi media buku saku K3RS terhadap kesiapan mahasiswa keperawatan anestesiologi sebelum praktik klinik. kesimpulan dari penelitian ini adalah edukasi buku saku K3RS berpengaruh terhadap peningkatan kesiapan mahasiswa sebelum praktik klinik. Penerapan media edukasi sederhana seperti buku saku dapat dijadikan strategi dalam meningkatkan kompetensi awal mahasiswa.